Friday, April 1, 2011

Kenapa Tubuh Kuda Laut Seperti Kuda

Kuda laut merupakan spesies kerabat dekat ikan pipa (pipefish). Ikan pipa memiliki tubuh yang lurus panjang seperti pipa. Namun, kenapa tubuh kuda laut bentuknya seperti kuda?

Ternyata, menurut ilmuwan, tubuh kuda laut itu merupakan hasil proses evolusi. Dengan tubuhnya yang melengkung seperti huruf S, kuda laut mampu memburu mangsanya secara lebih efektif.

Seperti dikutip dari situs BBC, berdasarkan jurnal Nature Communication, dibandingkan dengan ikan pipa, kuda laut bisa menyerang mangsa mereka dari jarak yang lebih jauh.

Sam Van Wassenbergh, peneliti dari University of Antwerp Belgia, mengatakan bahwa lekukan leher kuda laut memungkinkannya untuk menangkap mangsa lebih jauh.

Seperti halnya ikan pipa, kuda laut berburu dengan cara menghisap mangsa melalui moncongnya. Namun, ikan pipa cenderung memburu dengan mengejar mangsanya.

Sementara, kuda laut cenderung diam dan menunggu hingga mangsanya, crustasea (hewan air kecil berkulit keras), lewat di depannya. Saat mangsa lewat di depannya, kuda laut akan memutar kepalanya ke arah atas dan membuka mulutnya dan menghisapnya.

“Teori saya adalah kuda laut berevolusi dari nenek moyang ikan pipa, menjadi hewan yang memiliki gaya hidup yang lebih tersembunyi,” kata Sam kepada BBC.

Kuda laut sendiri merupakan hewan yang cukup unik. Tak seperti kebanyakan ikan, kuda laut adalah binatang yang monogamis. Mereka memilih pasangan sekali untuk seumur hidup.

Tak hanya itu kuda laut jantan merupakan satu-satunya spesies jantan yang hamil. Artinya, kuda laut tetap membuahi telur betina, namun, kuda laut jantanlah yang mengandung anak-anaknya.

3 comments:

henry said...

Namanya aja kuda laut ya seperti kuda lah. Klo ga mrp kuda namanya ga jd kuda laut

Unknown said...

Bentuknya kaya kuda adanya di laut jadi namanya kuda laut masa macan laut.. kan jadi membingungkan he.he

Unknown said...

♠♠♠Ingin Bermian Judi Online Namun Saldo Atm Kosong ?♠♠♠

◘◘◘Tenang di Zeusbola Kamu Bisa Melakukan Deposit Dengan Pulsa
Bukan Hanya Dengan Pulsa Saja, Anda Juga Dapat Deposit Menggunakan OVO
Sangat Membantu Anda Bukan?◘◘◘

Ayo Segera Daftarkan Diri Anda Dan Jangan Lupa Ajak Teman Anda !!
Kami Tunggu Kedatangannya
Zeusbola Juga Siap Melayani Anda 24 JAM NONSTOP !!

MURAH BANGET!

INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
WHATSAPP :+62 822-7710-4607
TELEGRAM :@zeusbola
FACEBOOK :zeusbolame
INSTAGRAM :@zeusbola.official
TWITTER :@zeusbola

Post a Comment

Blog ini berisi tentang pengetahuan, sesuatu yang bersifat lucu dan unik, software, dll. Karena isi blog ini isinya beraneka ragam maka nama blog ini "Campur-campur" Enjoy for this blog...thank you...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons