Thursday, July 7, 2011

10 Tempat yang Wajib Dilihat Sebelum Punah (Bag.1)

Akibat pemanasan global dan ulah manusia yang merusak alam, beberapa cagar alam paling indah dan menakjubkan di dunia terancam punah. Bahkan, sebagian besar mungkin tidak akan ada lagi di akhir abad ini.

Seperti dikutip dari Budgettravel, berikut ini 10 tempat yang mungkin ingin Anda kunjungi, atau setidaknya Anda lihat sebelum punah. Berminat mengunjunginya?





1. Terumbu Karang Belize Barrier


Salah satu terumbu karang dengan ekosistem paling kaya di dunia. Belize Barrier merupakan rumah bagi hiu paus, ikan pari, duyung, kerang, lobster dan makhluk-makhluk laut lainnya. Namun, sebuah mahakarya alam yang indah ini terancam punah. Sejak 1998, Belize Barrier yang berada di perairan Amerika Latin ini mengalami penipisan dan kehilangan 50% karang di beberapa area. Hal ini disebabkan oleh pemanasan global, polusi dari pertanian, bertambahnya wisatawan, pengembangan fasilitas pinggir pantai dan perusakan oleh kapal pesiar.

 2. The Congo Basin


Congo Basin adalah hutan hujan tropis terbesar kedua di dunia setelah Amazon yang berkontribusi menyumbang 40% oksigen dunia. Hutan yang terdapat di bagian barat Afrika ini juga merupakan sumber makanan, obat-obatan dan mineral.

Namun, PBB melaporkan, sekitar 2/3 area hutan beserta tumbuhan dan margasatwa di dalamnya, akan musnah pada 2040, kecuali manusia melakukan tindakan perlindungan. Seluas 10 juta hektar hutan berkurang setiap tahunnya karena illegal logging, perluasan lahan pertambangan dan dibuat peternakan. Tidak hanya hutan yang terancam punah, tapi juga hewan langka seperti gorila gunung, gajah hutan, simpanse dan okapi (mamalia mirip jerapah dan zebra).

 3. Laut Mati


Danau yang membujur di daerah antara Israel, Otoritas Palestina dan Yordania ini merupakan area paling rendah di dunia --1.312 kaki di bawah level laut normal-- mengandum garam 10 kali lebih tinggi dibandingkan air laut sehingga manusia bisa mengambang di atasnya. Laut mati juga dipercaya memiliki mineral yang bersifat menyembuhkan.

Dalam empat dekade belakangan ini, Laut Mati telah menyusut hingga sepertiganya dan tenggelam sedalam 80 kaki setiap tahun. Hal ini diakibatkan pembangunan resor dan restoran di dekat area tersebut. Belum lagi perusahaan kosmetik yang mengekspliotasi besar-besaran demi mendapatkan mineral untuk produk kecantikan. Jika tidak dilestarikan, Laut Mati bisa hilang dalam 50 tahun.

 4. Everglades


Everglades merupakan tanah basah seluas 2,5 juta hektar yang meliputi hutan cemara, rawa-rawa, hutan bakau dan padang rumput. Everglades juga rumah bagi beragam flora dan fauna langka, yang mungkin tidak ditemukan di daerah lainnya. Seperti Macan Florida, Burung Snail Kite dan Anggrek Hantu.

Tapi keindahan dan keunikan area yang berada di Florida, Amerika ini sedang dalam bahaya. Sekitar 60% area perairan di Everglades telah beralih fungsi menjadi pertanian dan perkotaan. Sebagai gambaran, luas Everglades kini hanya setengahnya, jika dibandingkan pada tahun 1900. Lebih buruknya lagi, kini hanya kurang dari 100 spesies Macan Florida di Everglades. Bukan tidak mungkin, populasi kucing hitam besar ini akan hilang dalam 40 tahun ke depan jika tidak dilestarikan.

 5. Madagaskar


Lebih dari 80% flora dan fauna yang ada di Madagaskar, tidak bisa ditemukan di tempat lain di dunia. Ini berkat terisolasinya Madagaskar dari jamahan manusia selama jutaan tahun, karena keberadaan Indian Ocean (lautan luas di Afrika). Tapi hutan terbesar keempat di dunia ini juga berada dalam bahaya. Ekosistem hutan hancur karena penebangan dan pembakaran besar-besaran untuk membangun pertanian dan peternakan. Dari 120.000 meter persegi, kini luasnya tinggal 20.000. Jika tidak ada yang dilakukan untuk menyelamatkan hutan ini, Madagaskar bisa hilang dalam 35 tahun.



2 comments:

Lowongan Kerja Terbaru CPNS BUMN said...

Insya Allah diri saya juga bisa menikmati 10 tempat yang rekan maksud pada postingan di atas suatu saat nanti.. Pasti asyik sekali ya.. :)

Evelyn Cynthia said...

nice info, if you interest about news Games can visit here
Game Mobile Online

Post a Comment

Blog ini berisi tentang pengetahuan, sesuatu yang bersifat lucu dan unik, software, dll. Karena isi blog ini isinya beraneka ragam maka nama blog ini "Campur-campur" Enjoy for this blog...thank you...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons